Minggu, 13 Maret 2011

SIMBOL DAN ARSITEKTUR -Oleh : Mr. Eduard Tjahjadi- PART 1

Diposting oleh Novia di 21.49
SYMBOL :
·        Etymology:
§         symbolum (Latin)
§         symbolon σύμβολον (Greek)
objek, gambar, tulisan, suara, atau tanda tertentu yang mewakili sesuatu yang lain oleh asosiasi, kemiripan, atau konvensi.
·        Merupakan salah satu cara manusia mengekspresikan sesuatu yang telah berlangsung disemua kebudayaan sepanjang waktu.
·        Mencerminkan intelektualitas, emosi dan spririt manusia.
·        Memungkinkan terjadinya sebagian besar hubungan komunikasi manusia dalam bentuk tertulis maupun verbal, gambar ataupun isyarat.
·        Merupakan bahasa universal lintas budaya dan zaman.
David Fontana, The Secreat Language of Symbols, A Visual Key to Symbols and Their Meanings. Chronicle Books, San Francisco, 1994
 
ARSITEKTUR
·        Etymology :
§         Architectura – Latin
§         Arkitekton, ὰρχιτεκτονική – arkhitektonike – Greek
ARTINYA :
Kepala atau pemimpin dan pembangun atau tukang kayu (Τεκτονική)
ADALAH :
Seni dan ilmu merancang bangunan dan struktur fisik lainnya.

·        ARSITEKTUR, dalam definisi yang lebih luas :
Meliputi semua kegiatan desain :
§         Dari level mikro (desain bangunan ataubangun-bangunan, kompleks bangunan,desain furnitur)
§         Ke tingkat makro (desain perkotaan: kawasan, bagian kota, arsitektur lansekap)
Saat ini, arsitektur dapat merujuk kepada aktivitas merancang sistem apapun dan sering digunakan dalam dunia TI
 
·        Karya arsitektur sering dianggap sebagai :
§         Karya seni
§         Simbol politik dan budaya
Sejarah peradaban manusia sering diidentikkan dengan karya arsitektur yang masih ada sebagai bagian perjalanan peradaban manusia itu sendiri
·        ARSITEKTUR lahir dari dinamika antara :
Kebutuhan                      ><                    Cara
§         Tempat tinggal                                                 Bahan bangunan
§         Keamanan                                                       Teknologi
§         Ibadah                                                             Keterampilan yang tersedia
Uraian sederhana diatas mebantu memperjelas kualitas penting arsitektur sebagai tanda atau komunikasi.
Vitruvius, arsitek Roma pada awal abad ke-1 Masehi berpendapat , bangunan yang baik harus memenuhi 3 prinsip (De architectura) :
Firmitatis – Utilitatis – Venustatis
    Daya Tahan, berdiri kokoh dan tetap dalam kondisi baik
    Utility, bermanfaat dan berfungsi dengan baik bagi orang-orang yang menggunakannya
  Keindahan, menyenangkan orang dan meningkatkan semangat mereka
Dalam banyak peradaban kuno ,arsitektur dan urbanisme mencerminkan keterlibatan konstan dengan yang ilahi dan supernatural.







Budaya tradisional melibatkan faktor-faktor yang bersifat :
§         Fisik
§         non fisik : khususnya bersifat simbolik
Simbol-simbol digunakan untuk mengkomunikasikan makna susunan tertentu.   
 
CINA
Kota Terlarang (The Forbidden City) di Beijing
Istana Kaisar dinasti Ming dan Qing dibangun pada tahun 1407 oleh dinasti Kaisar Ming ke 3 (1368-1644) merupakan tempat kediaman kaisar dinasti Qing laiinya (1644-19110. Bangunan yang mencerminkan seni bangunan klasik cina dan arsitektur feodal. Kompleks kota telarang sejak tahun 1987 menjadi karya arsitektur yang dilindungi oleh UNESCO.


KRATON NGAYOGYAKARTA HADININGGRAT
Pusat yang secara simbolis menyatu dengan lingkungannya dan menghubungkan secara vertical
§         Mikrokokosmos (yang tampak) -- yang tertinggi dari rakyatnya.
§         Makrokosmos (yang tidak tampak) -- yang berhubungan dengan hal-hal di luar fisik.

Keraton Jogja merupakan simbolisme di dalam penataan kota Yogyakarta Keraton didampingi oleh :
§         Dua alun-alun.
§         Sebuah menara (tugu) di utara.
§         Sebuah panggung Krapyak diselatan.
§         Sebagai gabungan kehidupan mikrokosmos dengan kehidupan makrokosmos.


CANDI BOROBUDUR
Candi ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an masehi.
·        Struktur Candi Borobudur
Berbentuk punden berundak, yang terdiri dari:
 §         Enam tingkat berbentuk bujur sangkar.
 §         Tiga tingkat berbentuk bundar melingkar.
 §        Sebuah stupa utama sebagai puncaknya. Dan beberapa stupa tersebar di semua tingkat-tingkatannya.
Sepuluh tingkat menggambarkan secara jelas filsafat mazhab Mahayana, yakni menggambarkan sepuluh tingkatan Bodhisattva yang harus dilalui untuk mencapai kesempurnaan menjadi Buddha.

 §         Bagian kaki Borobudur melambangkan Kamadhatu, yaitu dunia yang masih dikuasai oleh kama atau "nafsu rendah".
 §         Empat lantai dengan dinding berelief di atasnya oleh para ahli dinamakan Rupadhatu, yang mempresentasi dunia yang sudah dapat membebaskan diri dari nafsu, tetapi masih terikat oleh rupa dan bentuk.
 §         Tingkatan ini melambangkan alam antara yakni, antara alam bawah dan alam atas.
 §         Pada bagian Rupadhatu ini patung-patung Buddha terdapat pada ceruk-ceruk dinding di atas ballustrade atau selasar.
 §         Mulai lantai kelima hingga ketujuh dindingnya tidak berelief. Tingkatan ini dinamakan Arupadhatu (yang berarti tidak berupa atau tidak berwujud).
 §         Denah lantai berbentuk lingkaran.
§         Tingkatan ini melambangkan alam atas, di mana manusia sudah bebas dari segala keinginan dan ikatan bentuk dan rupa, namun belum mencapai nirwana.
§         Patung-patung Buddha ditempatkan di dalam stupa yang ditutup berlubang-lubang seperti dalam kurungan. Dari luar patung-patung itu masih tampak samar-samar.
§         Tingkatan tertinggi yang menggambarkan ketiadaan wujud dilambangkan berupa stupa yang terbesar dan tertinggi.
§         Stupa digambarkan polos tanpa lubang-lubang.
§         Di dalam stupa terbesar ini pernah ditemukan patung Buddha yang tidak sempurna atau disebut juga unfinished Buddha.

Susunan Kota
AFRIKA UTARA (Kairo, Mesir)
§         Sistem jaringan disusun secara organis.
Kota-kota di Timur Tengah tidak beraturan karena terbentuk dari kelompok-kelompok kecil yang tumbuh sesuai dengan kebutuhan mereka, tidak terencana dan belum didukung kemajuan teknologi.
Kota-kota di Timur Tengah mempunyai suatu struktur yang bertentangan dengan bentuk-bentuk kota di Amerika Serikat.
Organisasi kota-kota Muslim dan Yahudi lebih :
§         Membatasi dan mengendalikan perilaku, dengan cara membatasi mobilitas, daripada meningkatkan pergerakan dan perhubungan lalu lintas.
§         Kota-kotanya memiliki sejumlah besar distrik yang spesifik dalam hal etnik, religius, ataupun fungsi.

AMERIKA UTARA
Washington, Amerika Serikat.
§        Sistem jaringan ini disusun secara teknis (beraturan)
§        Nilai tertinggi ditempatkan pada mobilitas dan fleksibilitas
Amos Rapoport.

Simbol dan Arsitektur
  • Karya arsitektur sebagai simbol
§         Kekuasaan :
o       Politik
o       Kebangkitan/kejayaan kebangsaan
o       Ekonomi
§         Demokrasi.
§         Kemajuan teknologi.
§         Sustainability Approach.

Arsitektur Palace of Versailles memberikan suatu jarak untuk sampai ke istananya. Trik ini digunakan untuk memberikan simbol kekuasaan.
§         Gerbang kemenangan (Arc de triomphe) menghormati mereka yang berjuang untuk Perancis, terutama selama Perang Napoleon.
§         Di bagian dalam dan bagian atas busur ada terdapat nama-nama jenderal dan nama perang yang terjadi
§         Monumen itu dirancang oleh Jean Chalgrin pada tahun 1806
·        Pawai kemenangan terkenal masa lalu atau di bawah Arc :
§         Jerman pada tahun 1871
§         Perancis pada tahun 1918
§         Jerman pada tahun 1940
§         Perancis dan Sekutu pada tahun 1944 dan 1945
Di atas gerbang adalah Quadriga, sebuah kereta yang ditarik oleh empat ekor kuda didorong oleh Victoria, dewi Romawi kemenangan
Desain Gerbang didasarkan pada Propylaea, pintu gerbang Acropolis di Athena, Yunani dan konsisten dengan sejarah Berlin klasisisme arsitektur (pertama, Baroque, dan kemudian neo-Palladian).
Gerbang pertama "Athena di atas Sungai Spree" oleh arsitek Gotthard Carl von Langhans.
Quadriga ibukota itu diukir oleh Johann Gottfried Schadow 
1806 - Prusia kalah pertempuran Jena-Auerstedt. Quadriga dibawa Napoleon ke Paris
1814 - Napoleon kalah di Prusia dan pendudukan Paris oleh Jenderal Ernst von Pfuel. Quadriga dikembalikan ke Berlin, dilengkapi dengan simbol baru kekuasaan Prusia, Iron Cross.
Gerbang tengah boleh dilewati hanya oleh keluarga kerajaan, serta anggota keluarga Pfuel (1814-1919). 
Brandenburger Tor sempat terbengkalai selama kurang lebih 28 tahun karena terpisahkan oleh adanya tembok Berlin. Baru setelah Berlin Timur dan Berlin Barat bersatu, gerbang ini selalu digunakan sebagai tempat untuk merayakan sesuatu. Misalnya, menang pertandingan bola, konser, dsb.










JAKARTA
Arsitektur di Jakarta, antara lain:


RUNTUHNYA KEJAYAAN
Karya-karya Arsitektur tetap dipertahankan sebagai simbol dari runtuhnya kejayaan suatu kekuasaan pada masanya, seperti yang terdapat di bawah ini:
Kaiser William Memorial Church (Kaiser-Wilhelm-Gedächtniskirche), Berlin dibangun 1890 rusak parah akibat bom udara pada PD II, tetap dipertahankan sebagai simbol untuk mengingatkan kita atas kekejaman yang dilakukan manusia yaitu perang. Untuk itu, bangunan ini tetap dipertahankan dan kemudian dibangun sebuah gereja disisinya tetapi dalam bentuk yang lebih sederhana, agar perhatian orang tetap terarah kepada Kaiser William Memorial Church (Kaiser-Wilhelm-Gedächtniskirche).

Bom atom yang jatuh di Nagasaki dan Hirosima (Agustus 1945) di Jepang merupakan suatu bukti kekejaman manusia. Akibatnya, kota Nagasaki dan Hirosima luluh lantak karena bom tersebut. Di kota Hiroshima, terdapat satu bangunan yang dapat bertahan dari gempuran bom atom. Bangunan ini dipertahankan hingga sekarang sebagai monumen untuk memperingati jatuhnya bom tersebut dan dikenal dengan nama The A-Bomb Dome, Hiroshima. Di Nagasaki sendiri, mereka membuat sebuah taman sederhana. Sebagai sentral untuk memperingati kejadian Agustus 1945 tersebut. Dinamakan Nagasaki Hypocentre oleh pemerintah Jepang.
 
Jewish Museum, Berlin, merupakan salah satu karya arsitektur yang dibangun untuk mengingatkan kembali, kekejaman di masa pemerintahan Hitler.
Bentuk bangunan diambil dari bentuk Star of David, bentuk dinding yang adalah pilar-pilar tanpa atap menandakan bahwa bangsa yahudi pada saat itu seperti dipenjara. Mereka dapat melihat dunia luar hanya melalui celah-celah kecil yang disimbolkan oleh jendela-jendela di musium ini.  
Tangga yang berakhir pada tembok, dapat kita asumsikan sebagai tanpa jalan keluar dan tidak adanya kebebasan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

❤ KAPITA SELEKTA ❤ Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | Best Gift ideas