Minggu, 13 Maret 2011

SIMBOL DAN ARSITEKTUR -Oleh : Mr. Eduard Tjahjadi-

Diposkan oleh Novia di 20.27
SIMBOL KEKUASAAN EKONOMI
Karya-karya arsitektur banyak digunakan sebagai simbol kekuasaan ekonomi suatu negara. Seperti yang dapat kita lihat pada contoh-contoh di bawah ini:
  • FRANKFURT : Terkenal dengan gedung 101 lantai.

    • SHANGHAI : Membangun gedung 102 lantai agar dapat menyaingi gedung 101 lantai di Frankfurt.
     

      Pada awalnya desain gedung ini diberi bentuk lingkaran di atasnya, namun kemudian diganti menjad persegi panjang. Dengan alasan, jika menggunakan bentuk lingkaran orang-orang dapat salah menafsirkan bahwa gedung tersebut adalah milik Jepang. Selain itu, karena Jepang pernah menjajah China sebelumnya juga menjadi alasan mengapa desain gedung ini berubah.

      • DUBAI, UAE (Construction), Arab Saudi
       
      Merupakan hotel tertinggi di dunia, Namun karena krisis moneter yang dialami Arab Saudi, maka hotel ini hanya dibuka selama satu minggu saja. Arsitekur-arsitektur yang terdapat pada bangunan-bangunan di Dubai ini menonjolkan kejayaan Dubai dan tentunya untuk menarik tourism.




      • TRAGEDI 9/11
      Gedung World Trade Center merupakan sebuah symbol kekuatan ekonomi dari Amerika Serikat. Dengan mengatasnamakan kepentingan tertentu, gedung ini di hancurkan oleh sekelompok orang tak bertanggung jawab. Dengan tujuan agar kondisi ekonomi Amerika Serikat terguncang.

      SIMBOL DEMOKRASI
      • National Mall, Washington DC
      • Reichstag (Bundestag), Berlin
      • Bunderan HI, Jakarta
      • Washington DC Map



      • National Mall
      Merupakan sebuah monumen dengan berbagai campuran taman, danau dan lain-lain. U.S Capital merupakan gedung parlemen dan senat Amerika Serikat, dimana di gedung inilah presiden AS akan diambil sumpahnya.

      • Reichstag

        Gedung parlemen di Berlin sampai Perang Dunia II. Tadinya berletak di Jerman Timur (yang cenderung Komunis),  namun tidak difungsikan sebagai gedung parlemen. Gedung ini hancur pada tahun 1945 saat perang dunia II, dan kembali direnovasi pada 1970. Saat Berlin menjadi ibukota Jerman, gedung ini dipugar, dan berfungsi kembali sebagai perlemen.
        Arsitek yang merenovasi gedung ini adalah Norman Robert Foster. Tidak ada yang berubah hanya terdapat tambahan sebuah kubah yang terbuat dari dari kaca dibagian atas gedung ini.
        Kubah ini terbuat dari kaca sehingga transparan (menunjukkan keterbukaan pemerintahan/parlemen).
        Reichstagdome Cupola terbuka untuk umum, dari sana dapat terlihat pemandangan kota Berlin. Dari atas dapat terlihat ruang sidang yang terbuka, mencerminkan bahwa kekuasaan tertinggi terdapat di tangan rakyat. 




        • Gedung MPR/DPR RI
          Gedung MPR/DPR RI sebenarnya bukan merupakan gedung parlemen. Gedung ini dibuat atas usul Presiden Soekarno yang sifatnya netral (dalam dunia internasional) meskipun agak sedikit ke arah kiri (komunis sosialis). Ketika Gerakan Non Blok dibentuk, gedung ini dibangun untuk dijadikan tempat konfrensi.
          Makna dari bentuk kubah ini tidak ada hubungannya dengan demokrasi maupun ekonomi pemerintahan. Gedung ini cenderung tertutup dan berbeda dengan gedung parlemen milik Jerman. Hanya dari sisi arsitektur bentuk kubah ini sebagai penyangga jika dibandingkan dengan pilar-pilar, bentuk kubah lebih leluasa untuk memandang.
          • Bundaran HI (Hotel Indonesia)
             Terdapat patung ditengahnya sebagai simbol selamat datang untuk peserta Asian Games 1972. Ruang disekitar bundaran digunakan sebagai simbol untuk mengungkapkan demokrasi di Jakarta (banyak aksi unjuk rasa dan demonstrasi).

            SIMBOL KEMAJUAN TEKNOLOGI
            • Menara Eiffel, Paris, Perancis

              Dibangun antara 1887 dan 1889 sebagai pintu masuk Exposition Universelle, sebuah pameran dunia untuk merayakan seabad Revolusi Perancis. Direncanakan untuk dibongkar tahun 1909, sehingga menara dirancang agar mudah diruntuhkan.
              Kota Paris telah berencana meruntuhkannya pada akhir ijinnya. Namun, menara ini terbukti memberikan banyak keuntungan, sehingga menara ini dibiarkan berdiri setelah ijinnya kadarluarsa.






              • Centre Georges Pompidou
              Dibangun 1971–1977 di daerah Beaubourg, Paris. Bangunan ini dikenal juga sebagai Pompidou Centre atau Beauborg
              §            Arsitek: Renzo Piano, Richard Rogers dan Su Rogers.
              Gedung ini menampung:
              §         Bibliothèque publique d'information, sebuah public library.
              §         Musèe National d’Art Moderne, museum modern art terbesar di Europe.
              §         IRCM, pusat penelitian musik dan akustik. 

              • Greenpix Media Wall

              “revolutionized museum
              s, transforming what had once been elite monuments into popular places of social and cultural exchange, woven into the heart of the city”


              SIMBOL SUSTAINABILITY APPROACH
              Sustainability berarti pembangunan berkelanjutan. Arsitektur harus dapat menunjang sumber daya alam dan ramah lingkungan.
              ·         The Living Roof of the California Academy of Sciences, a museum and research facility in San Francisco, California

              • Expo 2010 Shanghai, China

              Paviliun buatan Negara Inggris ini berbentuk kubah. Didalam kubah tersebut terdapat lubang-lubang kaca yang masing-masing berisi benih tanaman dari seluruh dunia. Dengan anggapan bila terjadi sesuatu di dunia, masih ada benih yang lengkap di dalam kubah tersebut.

               


              Indonesia sendiri membuat sebuah paviliun dengan bahan-bahan alami seperti bambu misalnya.








              KESIMPULAN
                          Dari penjelasan yang telah saya buat, dapat disimpulkan bahwa arsitektru sebuah gedung tidak dibuat begitu saja, tetapi memiliki makna dibalik setiap bentuk dari bangunannya atau dengan kata lain merupakan simbol dari suatu hal. Misalnya :
              §         Kekuasaan
                      Politik
                      Kebangkitan/kejayaan kebangsaan
                      Ekonomi
              §         Demokrasi
              §         Kemajuan teknologi
              §         Sustainability Approach 

              SUMBER 

              Ringkasan perkuliahan dari Mr.Eduard Tjahjadi
              Gambar dari www.google.com


              0 komentar:

              Poskan Komentar

               

              ❤ KAPITA SELEKTA ❤ Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | Best Gift ideas