Minggu, 08 Mei 2011

Media Sosial dan Revolusi Politik – Oleh : Riris Loisa M. SI

Diposkan oleh Novia di 21.23

Facebook di dalam Revolusi Mesir 2011


·        Khaled Said, 28 Tahun
Ia merupakan seorang aktivis dalam situs jejaring sosial facebook. Sebagai seorang warga Mesir, ia mengkritik aparat pemerintahan Mesir melalui situs jejaring sosial. Dituduh sebagai seorang yang membongkar borok dari rezim pemerintahan Hosni Mubarok. Pada akhirnya ia diangkut paksa oleh aparat keamanan di sebuah warung internet. Ia sempat dikabarkan hilang beberapa hari sebelum akhirnya ia ditemukan tewas dalam kondisi yang mengenaskan.

Determinisme Teknologi, Marshall McLuhan
Menurut Marshall McLuhan, penemuan atau perkembangan teknologi komunikasi itulah yang sebenarnya yang mengubah kebudayaan manusia. Jika Karl Marx berasumsi bahwa sejarah ditentukan oleh kekuatan produksi, maka menurut McLuhan eksistensi manusia ditentukan oleh perubahan mode komunikasi.
McLuhan juga menyebutkan bahwa media massa adalah ekstensi atau perpanjangan dari inderawi manusia (extention of man). Media tidak hanya memperpanjang jangkauan kita terhadap suatu tempat, peristiwa, informasi, tapi juga menjadikan hidup kita lebih efisien. Lebih dari itu media juga membantu kita dalam menafsirkan tentang kehidupan kita.
Medium is the message. Dalam perspektif McLuhan, media itu sendiri lebih penting daripada isi pesan yang disampaikan oleh media tersebut. Misalkan saja, mungkin isi tayangan di televisi memang penting atau menarik, akan tetapi sebenarnya kehadiran televisi di ruang keluarga tersebut menjadi jauh lebih penting lagi. Televisi, dengan kehadirannya saja sudah menjadi penting, bukan lagi tentang isi pesannnya. Kehadiran media massa telah lebih banyak mengubah kehidupan manusia, lebih dari apa isi pesan yang mereka sampaikan.
Dilema yang kemudian muncul seiring dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi komunikasi adalah bahwa manusia semakin didominasi oleh teknologi komunikasi yang diciptakannya sendiri. Teknologi komunikasi bukannya dikontrol oleh manusia namun justru kebalikannya, kita yang dikontrol oleh mereka
Salah satu teknologi yang sangat berkembang saat ini adalah internet. Salah satu komponennya adalah situs jejaring sosial. Situs jejaring sosial seperti facebook saat ini menjadi tidak terpisahkan dengan kehidupan manusia. Banyak hal yang dapat terjadi melalui facebook, seperti aksi-aksi sosial. Pada akhirnya dampak facebook akan berwujud pada tindakan yang menyebabkan perubahan sosial yang fundamental.

Internet dan Media Sosial
Perkembangan Infrastruktur dan Komunitas Maya
·        Sandi Morse
·        Komputer Babage
·        Internet, Jaringan Komputer Militer
·        HTML : Hypertext Markup Language
Memungkinkan adanya jaringan komputer antar sistem komputer yang berbeda.

Komunikasi Konvensional VS Komunikasi Melalui Media Sosial
1.     Partisipasi
Mendukung kontribusi dan umpan balik dari setiap orang yang tertarik, sehingga mengaburkan batas antara media dan khalayak.
2.     Keterbukaan
Terbuka bagi umpan balik, partisipasi, pendapat dan berbagi informasi.
3.     Percakapan
Lebih bersifat komunikasi dua arah
4.     Komunitas
Memungkinkan komunitas dengan minat yang sama untuk berkomunikasi dengan cepat dan efektif.
5.     Keterhubungan
Sangat berkembang dalam hal keterhubungan, bertautan dengan situs lain dan sumber-sumber dari orang lain.

Ada Beberapa Bentuk Media Sosial
·        Jejaring Sosial
Jejaring sosial adalah struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau organisasi. Jejaring ini menunjukan jalan dimana mereka berhubungan karena kesamaan sosialitas, mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga. Istilah ini diperkenalkan oleh profesor J.A. Barnes di tahun 1954.
·        Blog
Blog adalah kependekan dari Weblog, istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.
·        Wiki
sebuah konsep yang diberi pengertian oleh penggagasnya, Ward Cunningham, sebagai berikut, Basisdata online paling sederhana yang kemungkinan dapat beroperasi. Pengertian tersebut berkembang sampai dengan yang terlihat sekarang ini: situs Web berbasis wiki secara sederhana dapat diartikan sebagai kumpulan halaman Web yang memungkinkan para pemakainya untuk membuat dan menyunting materi halaman Web dengan bebas menggunakan perambah.
·        Podcast
Definisi Podcast itu sendiri adalah sebuah file suara/audio yang bisa didownload dari internet untuk didengarkan sebagaimana layaknya sebuah acara radio.
·        Forum
·        Content Community
·        Microblogging
Microblogging merupakan layanan blog secara micro. Maksudnya, jika biasanya kita posting dalam hitungan paragraf, nah dengan microblogging ini kita cukup posting dalam hitungan seperti SMS (150an karakter).

Facebook dan Revolusi Mesir
Ada dua Facebook yang menjadi sorotan utama setelah tewasnya Khaled Said secara mengenaskan.
1.     Wael Ghonim yang membuat Facebook dengan nama Khaled Said
Ia memberikan banyak informasi serta foto-foto mengenai Khaled Said.
2.     Facebook Kids yang membuat account dengan nama WE ARE KHALED SAID.

Facebook Page ini diciptakan untuk mengingat seorang laki-laki Mesir yang dibunuh musim panas lalu oleh polisi.

Facebook dan Pembentukan Kesadaran Kritis Komunitas Maya
Berbagai spekulasi bermunculan mengenai apa yang membedakan komunitas dan komunikasi tatap muka. Kedua facebook diatas sudah cukup menerangkan bagaimana sebuah kesadaran kritis akhirnya dimunculkan melalu sebuah jejaring sosial.
Kesadaran Kritis sendiri berarti kita sudah menyadari keadaan sesungguhnya mengenai suatu hal. Pada awalnya warga Mesir dibayang-bayangi Kesadaran Palsu dimana mereka sendiri menganggap bahwa mereka telah berada pada kondisi yang benar adanya, walaupun sebenarnya semuanya itu salah.

Beberapa Karakteristik Media Sosial
1.     Liquid Communication
Tidak ada batasan dalam berkomunikasi baik ruang maupun waktu
2.     Saling memelihara keterhubungan (connectedness).
3.     Memperdalam Hubungan.
4.     Menemukan orang-orang dengan orientasi sejalan.
5.     Merekrut orang-orang baru.
6.     Membangun counter power  terhadap penguasa dominan.

Kesadaran Kritis
Pada akhirnya seseorang atau sekelompok orang menjadi sadar akan kesenjangan antara realitas sosial yang dialami dengan realitas yang ideal dalam hal hubungan kekuasaan.
kesadaran kritis merupakan kesadaran yang holistik dalam menafsirkan realitas yang ada. Kesadaran ini muncul dari hasil perenungan kritis atas sebuah realitas dengan menggunakan seluruh sumber daya yang dimiliki manusia baik itu kognisi maupun hati nurani.

KESIMPULAN
          Kesadaran kritis akhirnya membangun kekuasaan kita dan penguasa dari POWERLESS menjadi POWERFULL.
            Dalam kasus Revolusi Mesir, Facebook lah yang menjadi perantara dalam melengserkan rezim Hosni Mubarak. Melalui Facebook WE ARE KHALED SAID, para demonstran berkumpul, menulis isi hati mereka di wall Facebook tersebut. Mereka mengumpulkan satu demi satu orang untuk bergabung menyerukan suara mereka agar Hosni Mubarak turun dari tahtanya.
Kematian Khaled Said yang mengenaskan akhirnya membuka mata para warga Mesir akan kebobrokan pemerintahan mereka. Hal tersebut membuat mereka sadar bahwa mereka berada pada tempat dan situasi yang salah. Facebook pada akhirnya membuka kesadaran terhadap kondisi Mesir saat itu dan membuktikan bahwa Teknologi Komunikasi memang membawa perubahan yang Fundamental pada sebuah situasi.

SUMBER
·       Ringkasan Perkuliahan dari Ibu Riris Loisa M. SI


1 komentar:

Fiscus Wannabe on 10 Oktober 2011 20.55 mengatakan...

memang sekarang ini media sosial menjadi simbol kebebasan dalam berpendapat.

Poskan Komentar

 

❤ KAPITA SELEKTA ❤ Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | Best Gift ideas