Selasa, 24 Mei 2011

PERAN PENTING CORPORATE SECRETARY - Oleh Bapak Wijaya Kusuma S. (MNC TV)

Diposkan oleh Novia di 07.21
CORPORATE SECRETARY yang dapat secara langsung diartikan sebagai sekretaris perusahaan sebenarnya bukanlah posisi yang sembarangan. Mungkin banyak orang yang salah mengira mengenai posisi corporate secretary, namun tidak banyak yang mengetahui bahwa sebenarnya merupakan posisi penting dalam jajaran TOP MANAGEMENT dalam sebuah perusahaan. MENGAPA?
Secretary berasal dari secretarius (bahasa latin) yang berarti “secret” menjaga kerahasiaan. Selayaknya seorang Sekretaris, seorang Corporate Secretary atau Sekretaris Perusahaan harus menjaga segala informasi mengenai perusahaan sebelum informasi tersebut disampaikan ke masyarakat. Bagi seorang Corporate Secretary “SECRET is MOST IMPORTANT”.
Corporate secretary or Company Secretary is the officer of the company who aligns various management functions with the company policies, ensures compliance of the applicable law and endeavors to develop mutual trust between various stakeholders for sustainable growth of the company. Corporate secretary is a catalyst for good corporate government.
Seorang Corporate Secretary memiliki peranan kunci dalam pelaksanaan Corporate Governance. Seorang corporate secretary paling tidak memiliki 4 peranan, yaitu :
1.     Memberikan masukan dalam pengambilan keputusan yang strategic.
2.     Memberikan masukan dalam management
3.     Memberikan masukan mengenai regulasi bisnis.
4.     Memberikan masukan mengenai etika dalam berbisnis.
Keempat peranan corporate secretary itulah yang nantinya mempengaruhi pertumbuhan sebuah perusahaan. Seorang corporate secretary merupakan bagian dari peran seorang public relation. Mereka tidak hanya harus menjaga reputasi perusahaan juga menjalin hubungan baik dengan para stakeholder. Dibalik semua itu, corporate secretary juga ikut andil dalam pengambilan keputusan yang menyangkut masa depan perusahaan. 


Corporate secretary menjadi sebuah unit vital yang nantinya akan berhubungan dengan banyak hal. Seperti; stakeholder, investors, para karyawan, masyarakat, regulasi perusahaan, dll. Corporate Secretary, harus memastikan kelancaran komunikasi antara perusahaan dengan pemangku kepentingan, serta menjamin tersedianya informasi yang boleh diakses oleh stakeholders sesuai dengan kebutuhan yang wajar dari stakeholders. Corporate Secretary bertanggung jawab kepada Direksi dan laporan pelaksanaan tugasnya juga disampaikan kepada Dewan Komisaris.
Oleh karena itu, mereka dituntut untuk memiliki pengetahuan yang luas dan dapat menjalankan peran mereka sebagai seorang yang dapat mencitrakan perusahaannya agar memiliki value yang baik di mata masyarakat dan orang-orang yang menjalin hubungan dengan perusahaan.
 

Untuk dapat membuat pencitraan yang baik, Corporate Secretary tidak lepas dari kreatifitas, rasa percaya diri serta memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Selain itu ada yang dinamakan ICSI Values yang mengikat seorang corporate secretary, yaitu integrity, collective wisdom, service dan innovation. Keempat hal tersebut nantinya yang menjadi pegangan seorang corporate secretary dalam menjalankan tugas-tugasnya.
Jadi, corporate secretary¸bukanlah seorang sekretaris biasa dalam perusahaan. Peranannya sangat vital dan menyangkut citra perusahaan di mata banyak pihak. Dengan peranan-peranannya, seorang corporate secretary harus mampu mengangkat perusahaannya untuk mencapai good corporate government. Posisi istimewa dengan peranan yang cukup sulit.


Setelah membaca apa itu corporate secretary dan peranannya, apakah ada yang berminat untuk menjadi seorang corporate secretary dan berada pada jajaran atas dalam sebuah management perusahaan?

SUMBER
·        Ringkasan Perkuliahan dari Bapak Wijaya Kusuma
·        Gambar dari www.google.com


1 komentar:

:: CLOMETAN :: on 10 Mei 2016 01.10 mengatakan...

terima kasih .... tulisannya bagus

Poskan Komentar

 

❤ KAPITA SELEKTA ❤ Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | Best Gift ideas